Kajian Hubungan Minat Baca Sastra dan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Cibeureum Tahun Pelajaran 2016/2017

Dina, Suciati (2016) Kajian Hubungan Minat Baca Sastra dan Kemampuan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Memproduksi Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Cibeureum Tahun Pelajaran 2016/2017. Thesis(S2) thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
BAB I dan abstrak.docx

Download (23kB)

Abstract

Kata-kata kunci: minat baca sastra, kemampuan membaca pemahaman, dan memproduksi teks narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca sastra dan kemampuan membaca pemahaman terhadap kemampuan memproduksi teks narasi. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods, yaitu suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan, baik kualitatif maupun kuantitatif sekaligus. Untuk memperoleh data kualitatif, penulis melaksanakan wawancara kepada guru bahasa Indonesia kelas VII, sedangkan untuk memperoleh data kuantitatif, penulis menggunakan instrument angket minat baca sastra, tes kemampuan membaca pemahaman, dan tes memproduksi teks narasi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP PGRI Cibeureum Kota Cimahi tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas VII diperoleh informasi bahwa minat baca sastra siswa kurang, kemampuan membaca pemahaman tinggi, dan kemampuan memproduksi teks narasi pun kurang. Sementara berdasarkan hasil penggolahan data menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 20 diperoleh data bahwa Ada hubungan yang siginifikan antara minat baca sastra dan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memproduksi teks narasi terlihat dari tabel koefisien, menghasilkan nilai konstanta 30,441, konstanta X1 = 0,316, konstanta X2 = 0,080. Sementara t hitung minat baca sastra (X1) = 1,353 dengan siginifikasi= ,005 < 0,05, t hitung kemampuan membaca (X2) = 0,316 dengan signifikasi = 0,004 < 005, dan t hitung kemampuan memproduksi teks narasi (Y) = 1,079 dengan siginifikasi = 0,009 < 0,05.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2016
Depositing User: mr Azis -
Date Deposited: 01 Oct 2016 17:16
Last Modified: 01 Oct 2016 17:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13483

Actions (login required)

View Item View Item