ASEP DWIKY DARMAWAN, 122050307 (2016) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Kebijakan Kantong Plastik Berbayar di Kalangan Ibu Rumah Tangga Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
1. COVER (SIDANG - SKRIPSI).doc Download (54kB) |
|
Text
4. ABSTRAKS+ABSTRACT+RINGKESAN (ok).doc Download (47kB) |
|
Text
11. BAB 2 (KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN) ok.docx Download (82kB) |
|
Text
10. BAB 1 (PENDAHULUAN) ok.docx Download (24kB) |
|
Text
15. Daftar Pustaka (ok).docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR”. Persepsi disebut inti komunikasi, karena jika persepsi kita tidak akurat, kita tidak akan mungkin berkomunikasi dengan efektif. Maka dari itu peneliti memilih persepsi sebagai subjek penelitian. Penelitian ini berangkat dari isu lingkungan hidup kini sudah menjadi gerakan yang global dan dipraktekan di seluruh dunia.Gerakan tersebut dipicu oleh memburuknya kondisi alam akibat eksploitasi sumber daya alam dan polusi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menekan dampak lingkungan yang buruk adalah dengan pengurangan penggunaan kantong plastik yang dinilai dapat memunculkan masalah terutama sampah. Sampah kantong plastik dianggap masalah yang serius, semakin banyak sampah plastik yang muncul maka masalah sampah tidak akan terselesaikan, terlebih kantong plastik yang sulit terurai dengan tanah. Hal ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan kantong plastik berbayar di minimarket dan swalayan dengan tujuan masyarakat dapat bijak dalam menggunakan kantong plastik sekaligus upaya mengurangipenggunaan kantong plastik di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi ke lapangan untuk mencari data fakta yang terjadi di lapangan, dan wawancara mendalam kepada masyarakat (ibu rumah tangga). Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 10 orang informan.Hasil penelitian ini berdasarkan persepsi yang timbul dan terjadi di masyarakat (ibu rumah tangga) setelah adanya kebijakan tentang kantong plastik berbayar yang ditetapkan oleh pemerintah. Data atau informasi yang didapatkan dari masyarakat (ibu rumah tangga) yang akhirnya dapat menimbulkan persepsi dalam dirinya sendiri. Dalam hal seleksi masyarakat menyeleksi informasi melalui media tv dan radio, media sosial dan obrolan berama masyarakat lainnya, dan dalam hal interpretasi, masyarakat menganggap dengan harga 200 rupiah dinilainya masih terlalu murah sehingga masih banyak masyarakt yang tetap membeli kantong plastic, selain itu sosialisasi yang masih kurang dari pemerintah dan selama persediaan masih ada di toko maka masyarakat akan tetap membeli kantong plastik. Sementara itu penilaian mereka terhadap kebijakan ini dinilainya bagus dan mendukung kebijakan ini. Dalam hal perilaku, masyarakat mulai membawa kantong belanja sendiri yang terbuat dari kain dan kertas, meski suka lupa dalam belanja, selain itu meski membawa kantong sendiri, penggunaan kantong plastik, masih dilakukan tergantung banyaknya belanjaan. Kata Kunci : Persepsi, Kebijakan, Kantong Plastik,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016 |
Depositing User: | Irawan Whibiksana |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 18:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 18:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13445 |
Actions (login required)
View Item |