HUBUNGAN RUBRIK PERSIB DENGAN PERILAKU KOMUNITAS BOBOTOH DI PIKIRAN RAKYAT Studi Korelasional Rubrik Persib Dengan Perilaku Komunitas Bobotoh Di Pikiran Rakyat

Rahayu Try Haryono, 142050484 (2016) HUBUNGAN RUBRIK PERSIB DENGAN PERILAKU KOMUNITAS BOBOTOH DI PIKIRAN RAKYAT Studi Korelasional Rubrik Persib Dengan Perilaku Komunitas Bobotoh Di Pikiran Rakyat. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK ZZZZZZZZ.docx

Download (16kB)
[img] Text
COVER ZZZZZZZZZZZZ.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB I ZZZZZZZZZ.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB II ZZZZZZZZZ.docx

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu Try Haryono, NPM 142050484, Judul penelitian yang diambil adalah “Hubungan Rubrik Persib Dengan Perilaku Komunitas Bobotoh Di Pikiran Rakyat”. Dengan Subjudul Studi Korelasional Rubrik Persib dengan Perilaku Komunitas Bobotoh di Pikiran Rakyat. Pembimbing Utama Hj. Nur Ratih Devi Affandi S.S., M.Si, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara rubrik Persib yang diterbitkan dalam koran Pikiran Rakyat dengan perilaku komunitas Bobotoh. Penelitian ini menggunakan teori Agenda Setting dari McComb dan DL Shaw yang meneliti pengaruh media berkaitan dengan kemampuannya dalam memberitahukan kapada audiens mengenai isu-isu apa sajakah yang penting. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasional yaitu metode untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi penelitian ini adalah anggota komunitas Viking resmi Kota Bandung yang tercatat 100 orang dengan teknik sampling sederhana diperoleh 83 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara menganalisis data berupa kuesioner dan analisis inferensial yang menyajikan jawaban responden dengan mengunakan perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa rubrik mengenai Persib pada Pikiran Rakyat memiliki hubungan dengan perilaku anggota komunitas Viking. Selain itu, dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara panjang, penonjolan, dan konflik pada rubrik Persib di Pikiran Rakyat dengan aspek pengetahuan, sikap, dan tindakan/praktik anggota Viking. Saran penelitian ini adalah rubrik mengenai Persib sebaiknya lebih dipertajam lagi isinya. Rubrik tersebut sebaiknya dibuat agar lebih menarik sehingga lebih banyak lagi anggota Komunitas Viking atau Bobotoh yang tertarik untuk membaca Pikiran Rakyat. Selain itu ketepatan wartawan dalam menyapaikan fakta dilapangan juga harus ditingkatkan lagi dan penyajiannya juga harus lebih baik lagi sehingga lebih menarik. Sedangkan bagi anggota Viking atau Bobotoh diharapkan dapat menggunakan rubrik mengenai Persib lebih optimal lagi sehingga dapat memperkaya pengetahuan dan pada akhirnya menghindari perilaku-perilau negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 30 Sep 2016 17:51
Last Modified: 30 Sep 2016 17:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13443

Actions (login required)

View Item View Item