ANDROGINI PADA IKLAN BUSANA WANITA NIKICIO Analisis Semiotika Androgini Pada Iklan Busana Wanita Nikicio di Jakarta

SITI MEILANI, 122050144 (2016) ANDROGINI PADA IKLAN BUSANA WANITA NIKICIO Analisis Semiotika Androgini Pada Iklan Busana Wanita Nikicio di Jakarta. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
abstrak.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (60kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (38kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (34kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (554kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ANDROGINI PADA IKLAN BUSANA WANITA NIKICIO’’ Nikicio merupakan brand lokal asal Jakarta yang menampilkan iklan berkonsep androgini mencoba untuk menyatukan pria dan wanita, maskulin dan feminin dalam satu tubuh. Androgini adalah sebuah bentuk dimana batas-batas maskulinitas dan feminitas dileburkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi androgini dalam iklan busana wanita yang menampilkan citra sebagai wanita dengan sisi maskulin dan citra pria dengan sisi feminin, tantangan yang dihadapi seorang model androgini pencitraan diruang publik dan menganalisis tanda yang disampaikan oleh model androgini melalui iklan. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode penelitian analisis semiotika. Teknik pengumpulan datanya di lakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Teknik yang peneliti lakukan melalui wawancara kepada enam informan yang dilakukan di Jakarta dan Bandung. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menemukan unsur androgini dari warna, latar, dan model androgini yang ditampilkan dalam iklan. Pencitraan androgini diciptakan untuk mematahkan stereotip seorang wanita yang harus identik dengan kesan feminin dan pria yang identik dengan kesan maskulin. androgini memang merupakan suatu orientasi gender seseorang, namun pada perkembangannya androgini diafiliasikan dalam dunia model hingga menjadi life style. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan kepada khalayak yaitu mencoba memperkenalkan model androgini dari perpektif yang berbeda. Mengubah persepsi dan cara pandang terhadap hal-hal yang dianggap aneh dan tidak biasa karena tidak semua hal-hal yang tidak biasa itu buruk. konsep androgini ini dijadikan sebagai salah satu bentuk pemaknaan baru dalam memahami konsep gender.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 30 Sep 2016 17:28
Last Modified: 30 Sep 2016 17:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13428

Actions (login required)

View Item View Item