KAJIAN KORELASI KONSENTRASI BUBUR LIDAH BUAYA (Aloe vera Linn) DAN PERBANDINGAN JENIS PENSTABIL (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) TERHADAP KARAKTERISTIK ES KRIM LIDAH BUAYA

SURYANI RIZKI, 113020097 and Hervelly, DS and Yudi Garnida, DS (2016) KAJIAN KORELASI KONSENTRASI BUBUR LIDAH BUAYA (Aloe vera Linn) DAN PERBANDINGAN JENIS PENSTABIL (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) TERHADAP KARAKTERISTIK ES KRIM LIDAH BUAYA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract-1.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab-1.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk menentukan korelasi antara konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan jenis penstabil dengan karakteristik es krim lidah buaya. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberi informasi baru dalam penggunaan lidah buaya, memberi alternatif dalam penganekaragaman olahan lidah buaya sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomis dari lidah buaya serta memberikan informasi mengenai proses pembuatan es krim lidah buaya. Metode penelitian dilakukan dalam dua tahap meliputi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dimaksudkan untuk mengetahui mengetahui konsentrasi lidah buaya terbaik yang akan digunakan dalam penelitian utama. Penelitian utama bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan jenis penstabil (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) terhadap karakteristik es krim lidah buaya. Rancangan percobaan yang digunakan dalam percobaan ini adalah Metode Regresi Linier Sederhana dengan ulangan sebanyak tiga kali. Rancangan perlakuan pada penelitian yang dilakukan terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas atau variabel prediktor dan variabel tidak bebas atau variabel respon. Variabel bebas (X) terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi bubur lidah buaya dengan tiga taraf, yaitu a1 = 35% (b/b), a2 = 40% (b/b), a3 = 45% (b/b) dan perbandingan jenis penstabil (Carboxy Methyl Cellulose : Guar Gum) terdiri dari tiga taraf, yaitu b1 = (1:1), b2 = (2:3), dan b3 = (3:2). Sedangkan variabel tidak bebas (Y) yaitu variabel yang terjadi karena variabel bebas terdiri dari kadar lemak, aktivitas antioksidan metode DPPH, overrun, resistensi pelelehan, dan uji organoleptik. Berdasarkan hasil uji organoleptik pada penelitian utama, konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan konsentrasi penstabil (Carboxy Methyl Cellulose :Guar Gum) tidak berpengaruh nyata terhadap aroma, rasa dan tekstur es krim lidah buaya. Berdasarkan hasil analisis fisik, konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan konsentrasi penstabil (Carboxy Methyl Cellulose :Guar Gum) menunjukkan adanya korelasi terhadap semua respon fisik (overrun dan resistensi pelelehan). Hasil analisis kimia menunjukkan bahwa konsentrasi bubur lidah buaya dan perbandingan konsentrasi penstabil (Carboxy Methyl Cellulose :Guar Gum) menunjukkan adanya korelasi terhadap semua respon kimia (kadar lemak, aktivitas antioksidan) Kata kunci : lidah buaya, Carboxy Methyl Cellulose, Guar Gum, es krim.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 30 Sep 2016 15:07
Last Modified: 01 Mar 2022 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

View Item View Item