PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

AAM AMALIA, 125050057 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (B.indo).pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (b.inngris).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penyebab rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa dalam matematika yaitu karena siswa tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa. Salah satu alternatif yag dapat mengakomodasi kemampuan koneksi matematis siswa adalah pendekatan pembelajaran matematika realistic. Adapun penelitian ini bertujuan untuk : (i) mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistic lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. (ii) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika mengguanakan pendekatan matematika realistic. (iii) mengetahui apakah terdapat korelasi antara pendekatan pembelajaran matematika realistic dengan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP YAS Bandung. Adapun sampelnya adalah siswa kelas VIII SMP YAS Bandung yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan koneksi matematis yang sebelumnya telah diuji cobakan instrumennya dan hasilnya semua soal signifikan, serta angket skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian (pretest dan posttest). Analisis data digunakan dengan menggunakan uji normalitas. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemapuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan matematika realistic. Sehingga pendekatan pembelajaran matematika realistic dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran dengan memperhatikan waktu dalam pelaksanaan, pengelolaan kelas, serta referensi lain yang digunakan. Kata kunci : Pendekatan matematika realistik, kemampuan koneksi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 30 Sep 2016 13:14
Last Modified: 30 Sep 2016 13:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13393

Actions (login required)

View Item View Item