ANALISIS NILAI EKONOMI OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GALUNGGUNG KABUPATEN TASIKMALAYA PENDEKATAN TRAVEL COST METHOD

Asriyani dewi, 114030002 (2016) ANALISIS NILAI EKONOMI OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GALUNGGUNG KABUPATEN TASIKMALAYA PENDEKATAN TRAVEL COST METHOD. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
asriyani dewi.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Didalam kehidupan sehari-hari, umumnya di Indonesia salah satu pendamping berkembangnya Negara Indonesia adalah beberapa sektor yang dapat membuat suatu Negara maju dan sejahtera yaitu salah satunya sector pariwisata. Sektor yang mempunyai prospek cerah dalam perekonomian dan dapat diandalkanya itu sector pariwisata. Pariwisata merupakan sektor yang kompleks karena pariwisata bersifat multidimensi, baik fisik, politik, social budaya, dan ekonomi. Kegiatan pariwisata sebagai kegiatan matarantai yang melibatkan berbagai sector dan lembaga terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur nilai ekonomi yang diperoleh pengunjung Wisata Alam Pemandian Air Panas Galunggung, Kab. Tasikmalaya dengan menggunakan metode biaya perjalanan (Travel Cost Method). Objek Wisata Alam Pemandian Air Panas Galunggung dipilih karena potensi wisata yang dimilikinya tergolong tinggi, akan tetapi tidak didukung dengan kemudahan akses untuk mencapai lokasi wisata. Alat analisis dalam penelitian regresi linear berganda dengan jumlah kunjungan sebagai variable dependen dan lima variable sebagai variable independenya itu variabel travel cost ke Pemandian Air Panas Galunggung (meliputi biaya transportasi pulang pergi, biaya konsumsi, tiket masuk, parkir, dokumentasi, penyusutan dan biaya lain-lain), variable biaya ke objek wisata lain (Rp), variable penghasilan (Rp), variable jarak (km) dan variable tujuan kunjungan. Hipotesis dari penelitian ini dilihat dari tingkat biaya, pada variable biaya Objek Wisata Pemandian Air Panas Galunggung berpengaruh negatif, dalam hal ini dikatakan menjadi factor terpenting pada jumlah kunjungan. Pada kenyataannya, hasil analisis regresi menunjukan fakta sebaliknya, biaya dari variable Objek Wisata Pemandian Air Panas Galunggung bukan variabel yang dominan terhadap jumlah kunjungan, hal ini dapat dikatakan wisatawan tidak lagi melihat dari sisi biaya untuk mengunjungi Objek Wisata Pemandian Air Panas Galunggung tetapi dilihat dari tingkat kenyamanan dan kepuasan. Kata kunci: Permintaan, MetodeBiayaPerjalananIndividu, NilaiEkonomi, Surplus Konsumen, ObjekWisataAlam.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2011
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 29 Sep 2016 20:48
Last Modified: 29 Sep 2016 20:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item View Item