ANALISIS PERAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS DI BANK BRI KCP ASIA-AFRIKA)

Evi Juniarti, 124030064 (2016) ANALISIS PERAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS DI BANK BRI KCP ASIA-AFRIKA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
PERSYARATAN WISUDA.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Peningkatan kinerja UMKM dilanda berbagai hambatan dan tantangan dalam menghadapi persaingan. Kurangnya modal yang dimiliki pengusaha UMKM merupakan tantangan yang dihadapi saat ini. Pengusaha UMKM kesulitan untuk memperoleh modal pinjaman karena tidak memiliki asset yang cukup untuk memenuhi persyaratan pinjaman di bank. Guna menanggulangi masalah tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa program kredit untuk UMKM dengan penjaminan yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR diharapkan mampu membantu pengusaha UMKM untuk menambah modal usaha, sehingga kinerja usaha dapat meningkat. Begitu halnya dengan permasalahan yang dihadapi usaha mikro di Kota Bandung, permodalan menjadi hambatan untuk menjalankan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap pengembangan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Cara pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan kuisioner. Metode yang digunakan dalam analisis terhadap peranan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terhadap pengembangan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung adalah metode Ordinanary Least Square (OLS) dengan menggunakan alat analisis untuk mengolah data yaitu dengan menggunakan program Eviews. Peran kredit usaha rakyat terhadap pengembangan usaha UMKM di kota bandung dengan uji statistika secara parsial modal sendiri dan harga bahan baku mempengaruhi penjualan UMKM secara signifikan, namun modal kredit usaha rakyat memiliki hubungan yang positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan UMKM. Kata Kunci : Usaha Mikro, Kredit Usaha Rakyat, Penjualan UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 29 Sep 2016 20:16
Last Modified: 29 Sep 2016 20:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item