PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBEL AJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas Materi Peninggalan Sejarah di Indonesia kelas V SD Negeri 01 Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2016/201 7 )

MOCH. HASAN DAROJAT KUSGIANT, 125060175 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBEL AJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA ( Penelitian Tindakan Kelas Materi Peninggalan Sejarah di Indonesia kelas V SD Negeri 01 Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2016/201 7 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
06 ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01 cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I acc.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II acc.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah di Indonesia ” dilatar belakangi karena masih adanya permasalahan pembelaj aran IPS khusu snya dalam mater i Peninggalan Sejarah di Indonesia dalam meningkatkan sikap percaya d iri dan m otivasi belajar siswa yang ditunjukan oleh sumber belajar yang minim serta pada pembelajaran tersebut guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah . Hal in i di karenaka n masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang . Sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar pun kurang maksimal. Metode pen elitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diant aranya perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk membangun sikap percaya diri dan motivasi bela jar siswa peneliti menggunakan model Problem Based Learning (PBL) . Berdasarkan latar belakang yang menjadi permasalahan dalam hal i ni yait u b a gaimana penerapan Problem Based Learning (PBL) disusun dalam pembelajaran IPS agar aktifitas percaya diri dan motivasi belajar siswa kelas V meningkat . Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I menunjukan nilai sikap percaya diri dan motivasi belajar siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatan hasil belajar . Pada siklus II menunjukan nilai sikap percaya diri dan motivasi belajar siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatan hasil belajar . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah di Indonesia kelas V SDN 01 Cililin , dan dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran untuk dite rapkan pada pembelajaran KTSP. Kata Kunci : Model Problem Based Learning , Sikap Percaya Diri dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Sep 2016 17:35
Last Modified: 29 Sep 2016 17:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item View Item