PENGARUH PENERAPAN AUDIT LINGKUNGAN TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN (SurveiPada RS PARU DR.H.A ROTINSULU Bandung)

LiaMarliana, 104020468 (2016) PENGARUH PENERAPAN AUDIT LINGKUNGAN TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN (SurveiPada RS PARU DR.H.A ROTINSULU Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas.

[img]
Preview
Text
BAB I rev.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II rev.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rumah sakit yang berfungsi dan bertugas menyediakan pelayanan di bidang kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali, seyogyanya berkewajiban pula dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Hal ini dikarenakan setiap aktivitas rumah sakit akan menimbulkan dampak negatif, yaitu pencemaran lingkungan yang berupa limbah, sampah medis maupun non medis. Tindakan pencemaran lingkungan yang telah menimbulkan kerugian bagi orang lain dapat dikatagorikan sebagai perbuatan melawan hukum, maka pimpinan rumah sakit beserta jajarannya menyikapi hal tersebut dengan cara melakukan evaluasi terhadap system manajemen lingkungan yang efektif agar sesuai dengan konsep yang berwawasan lingkungan dalam pencapaian tujuannya. Untuk itu rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, harus selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan pasien serta karyawan, melainkan harus memperhatikan pula dampak-dampak lingkungan yang mungkin timbul dari aktivitas ruma hsakit. Oleh karena itu,penting bag irumah sakit untuk menerapkan audit lingkungan sehingga dapat menunjang system manajemen lingkungan rumah sakit agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhyang signifikanantarapenerapan audit. Lingkungan untuk menilai efektivitas system manajemen lingkungan. Variabel yang diteliti adalah penerapan audit lingkungan (variabel X) dan efektivitas system manajemen lingkungan (variabel Y). Penulis melakukan penelitian ini pada Rumah Sakit DR. H. A Rotinsulu Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualiitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk penyebaran kuesioner kepada responden baik pihak manajemen, satuan pengawas intern, dan instalasi pengolahan air limbah . Selain menggunakan sampel dalam bentuk penyebaran kuesioner, digunakan juga wawancara dan studi kepustakaan, serta untuk memperoleh data digunakan analisis korelasi Pearson dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan audit lingkungan berpengaruh signifikan terhadap manajemen lingkungan dalam perusahaan. Besarnya pengaruh pelaksanaan audit lingkungan terhadap pelaksanaan manajemen lingkunganya itu sebesar 51,60% dan sisanya sebesar 48,40% dipengaruhi oleh factor lain, seperti dewan pengawas, direksi, komite audit, masyarakat, dan lain-lain. Kata kunci: Penerapan Audit Lingkungan dan Efektivitas Sistem Manajemen Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2010
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 29 Sep 2016 14:25
Last Modified: 29 Sep 2016 14:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13285

Actions (login required)

View Item View Item