Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula) Pada Pembatik Tulis Di Desa Kalitengah Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.

HAJAR MAHMUDAH, 133010304 and Dedeh Kurniasih, DS and CHEVY HERLI SUMERLI, DS (2016) Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula) Pada Pembatik Tulis Di Desa Kalitengah Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I_Hajar rev.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover rev.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Batik sebagai salah satu industri unggulan di Cirebon saat ini menjadi salah satu industri yang potensial untuk dikembangkan. Namun, sebagai salah satu industri yang termasuk kelompok industri kecil dan menengah (IKM), industri batik masih memiliki banyak kelemahan. Salah satunya berkaitan dengan aspek keselamatan dan kesehatan kerja. Batik sendiri dalam definisinya merupakan suatu cara untuk memberi hiasan pada kain dengan cara menutupi bagian-bagian tertentu dengan menggunakan perintang (BBKB, 2009). Dalam proses produksi, pembatik bekerja pada posisi duduk dengan bangku pendek, menghadap kain yang diletakkan pada bentangan kayu atau bambu yang disebut gawangan. Pada saat membatik, pembatik duduk membungkuk, tangan kanan memegang alat melekatkan lilin (canting) dan tangan kiri memegang bagian bawah kain. Posisi kerja tersebut berlangsung cukup lama dan berulang-ulang sekitar 6-8 jam per hari. Kondisi tersebut menimbulkan ketidaknyamanan kerja dan munculnya keluhan serta mudah lelah, misalnya sakit pada bahu, punggung, dan pinggang. Postur kerja janggal dan pengulangan gerakan dalam bekerja juga dapat menjadi penyebab kelelahan pada otot dan dapat menimbulkan penyakit akibat kerja seperti Musculoskeletal Disorders (MSDs). MSDs adalah cedera yang terjadi pada jaringan lunak seperti otot, tendon, ligament, engsel, tulang rawan, dan gangguan pada sistem syaraf. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keluhan yang dirasakan pembatik tulis, serta melakukan penilaian postur kerja sehingga dapat diketahui kategori level reiko dari setiap elemen pekerjaan membatik, sehingga diharapan dapat memberikan rekomendasi usulan perbaikan perancangan sistem kerja pembatik baik berupa usulan cara/metode kerja, ataupun konsep rancangan fasilitas kerja yang sesuai dengan prinsip ergonomi. Kata Kunci: Batik Tulis, Postur Kerja, Musculoskeletal Disorders (MSDs).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 29 Sep 2016 13:24
Last Modified: 29 Sep 2016 13:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item