Analisis Cognitive Ergonomic Dalam Menentukan Questioner Dalam Sistem Human Brain Thinking Sytle's(HBTS) Sebagai Dasar Pembentuk Pola Kejiwaan Seseorang.

DESY NUR HASANAH, 123010070 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS and Riza Fathoni Ishak, ds (2016) Analisis Cognitive Ergonomic Dalam Menentukan Questioner Dalam Sistem Human Brain Thinking Sytle's(HBTS) Sebagai Dasar Pembentuk Pola Kejiwaan Seseorang. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Abstrak Desy NH - 12.10070.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Desy NH - 12.10070.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Desy NH - 12.10070.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Desy NH - 12.10070.pdf

Download (286kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pada otak manusia terdapat memori untuk mengingat hal-hal yang telah terjadi. Memori tersebut adalah short-term memory dan long-term memory. Short-term memory hanya bisa menangkap informasi yang masuk dan kemudian hilang dengan waktu yang sangat cepat. Sedangkan long-term memory bisa menangkap informasi dan menyimpannya dalam waktu tertentu hingga kejadian yang telah dialami mampu dimunculkan kembali. Menurut ergonomi kognitif, proses kognitif dalam adalah proses manusia memperoleh pengetahuan tentang dunia, yang meliputi proses berpikir, belajar, menangkap, mengingat, dan memahami. Sedangkan menurut psikologi kognitif, kognitif adalah cara menentukan kecerdasan (pikiran), afektif berurusan dengan emosi (perasaan) dan konatif menentujan bagaimana seseorang bertindak pada pikiran dan perasaan tersebut. Penelitian ini dilakukan pada perangkat personal profile assesment software Human Brain Thinking Style’s (HBTS) yang terdapat di Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Universitas Pasundan. HBTS system ini memuat pernyataan dan pertanyaan seputar pengalaman pada masa anak-anak dan pada masa remaja yang dapat menentukan kondisi proporsi otak dominan yang digunakan. Dari hasil pengolahan data dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa proses kognitif terjadi pada manusia ketika mampu mengingat dan mengambil keputusan. Dari setiap pernyataan yang ada dalam sistem HBTS merupakan pernyataan dan pertanyaan yang mewakili fungsi bagian-bagian otak. Sehingga terdapat korelasi fungsi otak manusia dengan proses kognitif. Kata Kunci :Ergonomi Kognitif, Psikologi Kognitif, Fungsi Bagian Otak Manusia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 28 Sep 2016 21:52
Last Modified: 28 Sep 2016 21:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13250

Actions (login required)

View Item View Item