PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN ISI SUATUN PUISI YANG DISAMPAIKAN SECARA LANGSUNG ATAUPUN MELALUI REKAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMAN 2 CIKAMPEK

PUJI NURLIANY, 1150 30078 (2016) PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN ISI SUATUN PUISI YANG DISAMPAIKAN SECARA LANGSUNG ATAUPUN MELALUI REKAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS X SMAN 2 CIKAMPEK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Mengungkapkan isi suatu puisi merupakan suatu keterampilan da - lam bidang apresiasi sastra, diharapkan pembelajaran tersebut dapat membentuk kepribadian siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam mengungkapkan isi suatu puisi , yaitu dengan menggunakan metode inkuiri. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: 1) Mengungkapkan Isi Suatu Puisi yang disampaikan secara Langsung ataupun Melalui Rekaman menggunakan Model Inkuiri Pada Siswa kelas X SMA N egeri 2 C ikampek ? 2) Mampukah siswa Mengungkapkan Isi Suatu Puisi yang disampaikan secara Langsung ataupun Melalui Rekaman menggunakan Model Inkuiri Pada Siswa kelas X SMA N egeri 2 C ikampek ? 3) Tepatkah pembelajaran Mengungkapkan Isi Suatu Puisi yang dis ampaikan secara Langsung ataupun Melalui Rekaman menggunakan Model Inkuiri Pada Siswa kelas X SMA N egeri 2 C ikampek ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan ketepatan metode inkuiri dalam pembelajaran mengungkapkan isi suatu puisi secara langsung atau melalui rekaman pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu : Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengungkapkan isi suatu puisi secara langsung atau melalui rekaman dengan menggunakan inkuiri pada siswa kelas X SMA Negeri 2 C ikampek . Siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek mampu mengungkapkan isi suatu puisi secara langsung atau melalui rekaman . Metode inkuiri tepat digunakan dalam pembelajaran mengungkapkan isi suatu pui si secara langsung atau melalui rekaman pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek . Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian one group pretes - posttes design , dengan teknik penelitian te - laah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai be - rikut. 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran me ngungungkapkan isi suatu puisi secara langsung atau melalui rekaman dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Ci kampek . Hal ini dapat dibukti - kan dari hasil nilai perencanaan d an pelaksanaan pembelajaran 3,2 . 2) Siswa kelas X SMA Negeri 2 Cikampek mampu mengungkapkan isi suatu puisi secara langsung atau melalui rekaman dengan menggunakan metode inkuiri . hal ini terbukti dari hasil rata - rata pretes 2,74, dan nilai rata - rata postes 7,69, sedangkan se - lisih pretes dan postes yaitu 4,95 dengan persentase 16,5%. 3) Metode inkuiri tepat digunakan dalam mengungkapkan isi suatu puisi . hal ini terbukti dari hasil uji statistik yang menunjukkan t hitung > t tabel , yakni 19,03 > 2,02 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 20. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis dapat membuktikan bahwa ketiga hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 19:48
Last Modified: 28 Sep 2016 19:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13231

Actions (login required)

View Item View Item