PERANAN ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA UNIVERSITAS DALAM MEMBINA DAN MENGEMBANGKAN JIWA NASIONALISME DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Deskriptif terhadap Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandung)

IKHBAR HAFIZH RAMADHAN, 125010048 (2016) PERANAN ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA UNIVERSITAS DALAM MEMBINA DAN MENGEMBANGKAN JIWA NASIONALISME DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Deskriptif terhadap Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI IKHBAR.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS SKRIPSI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Organisasi ekstra universitas merupakan organisasi mahasiswa yang aktivitasnya berada di luar lingkup universitas atau perguruan tinggi. Organisasi ekstra universitas biasanya berafiliasi dengan partai politik dan pemerintahan tertentu walaupuan tidak secara eksplisit. Salah satu contoh organisasi ekstra universitas yaitu Himpunan Mahasiswa Islam disingkat HMI, HMI adalah sebuah organisasi yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 5 Februari 1947, atas prakarsa Lafran Pane beserta 14 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Yogyakarta. Jika kita gambarkan, nasionalisme saat ini berada di titik rendah, dimana semua kebijakan berkiblat pada neoriberalisme, sehingga kesejahteraan rakyat jauh dari cita – cita Founding Father bangsa ini. (1) Terpuruknya kedaulatan bangsa dan nasib rakyat bukanlah suatu fenomena yang datang dengan sendirinya, maka dari itu perlunya kesadaran bagi kaum pemuda khususnya pemuda intelektual seperti mahasiswa yang menjadi Agen Of Social Control, Agen Of Change, dan Agen Of Iron Stock serta pada intinya mahasiswa menjadi garda depan untuk membuat perubahan yang lebih baik untuk bangsa dan negara. Oleh karena itu peneliti mengambil judul : “PERANAN ORGANISASI MAHASISWA EKSTRA UNIVERSITAS DALAM MEMBINA DAN MENGEMBANGKAN JIWA NASIONALISME DI KALANGAN MAHASISWA” (Studi Deskriptif terhadap Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandung) x Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran umum tentang jiwa nasionalisme dikalangan mahasiswa terkhusus di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif melalui wawancara, peneliti mengambil beberapa sampel dari objek yang bersangkutan untuk mengetahui bagaimana para mahasiswa yang telah dibina dan di kembangkan oleh organisassi ekstra universitas yang dilakukan di HMI dengan jumlah responden 10 orang pengurus HMI Cabang Bandung. Kesimpulan dari hasil penelitian yang peneliti dapatkan dilapangan bahwa peranan organisasi ekstra universitas dalam membina dan mengembangkan jiwa nasionalisme dikalangan mahasiswa itu cukup signifikan dalam mengubah membentuk karakter mahasiswa untuk mencintai bangsanya sendiri. Karena organisasi ekstra universitas mempunyai pola tersendiri yang unik untuk membentuk karakter mahasiswa. Kata Kunci : Organisasi ekstra universitas, jiwa nasionalisme, mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Sep 2016 18:54
Last Modified: 28 Sep 2016 18:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13211

Actions (login required)

View Item View Item