MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV SDN Tanjungpura VI Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang)

ROSDIANI RACHMAYANTI, 12 5060247 (2016) MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV SDN Tanjungpura VI Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI pix.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSRAK SKRIPSI .pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1 SELESAI EDIT BARU fix.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II SELESAI EDIT BARU.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Peneli t ian ini bertujuan m eningkatkan k reativitas dan h asil b elajar siswa pada m ateri kegiatan ekonomi dan sumber daya a lam dengan mengg unakan Metode D emontrasi dalam p embelajaran IPS. Penelitian t indakan k elas ini dilaksanakan di k elas IV SDN Tanjungpura VI Kecamatan Ka rawang Barat Kabupaten Karawang . Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS, karena guru dalam mengajar ha n ya menggunakan metode ceramah saja dan t idak menggunakan alat praga, oleh karena itu diperlukan adanya upaya guru dalam menent ukan metode yang digunakan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran kegiatan ekonomi dan sumber daya alam dengan men ggunakan metode demontrasi? (2) Apakah metode demontrasi dapat mening katkan hasil belajar siswa dalam konsep ke giatan ekonomi dan sumber daya alam dalam pembelajaran IPS? Peneli tian ini menggunakan sistem siklus . Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian in i adalah teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar siswa dan non tes berupa obse r vasi untuk menget ah ui kreativitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan m etode d emontrasi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Hal terseb ut dapat dilihat dari presenta s i peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa, hasil kreativitas belajar siswa mulai dari skor rata - rata pada siklus I yakni 59 dengan presentasi 51% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi rata - rata skor 88 dengan presentasi menjadi 77%. Sedangkan hasil belajar siswa mulai dari skor rata - rata pretes t pada siklus I yakni 61,05 dan postes t 75,125. Pada siklus II pretes t menjadi 76,84 dan postes t 88,615, terjadi peningkatan pada skor rata - rata pretest sebesar 15,79 (15,79%) dan pada postest sebesar 1 3,49 (13,49%). Dengan paparan di atas dapat disimpu lkan bahwa menggunakan Metode Demontrasi dapat meningkatka n kreativitas dan hasil belajar siswa dalam materi kegiatan ekonomi dan sumber daya alam . Dengan demikian penggunaan m etode Demontrasi dapat dijadikan salah satu m etode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS karena dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih kreatif . Kata kunci : Demontrasi, kreativitas dan Hasil B elajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 19:01
Last Modified: 28 Sep 2016 19:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13202

Actions (login required)

View Item View Item