PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP CINTA LINGKUNGAN DAN KREATIF SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Pekerjaan Orang Tuaku di kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung)

RIZAL WILDAN FAUZI, 125060139 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP CINTA LINGKUNGAN DAN KREATIF SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Pekerjaan Orang Tuaku di kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 ABSTRACT.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap cinta lingkungan dan kreatif serta hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Berbagai Pekerjaan subtema Pekerjaan Orang Tuaku . Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan cinta lingkungan dan kreatif serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Berbagai Pekerj aan subtema Pekerjaan Orang Tuaku . Penelitian ini menggunakan m e tode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Muararajeun, sebanyak 25 orang terdiri dari 15 orang laki - laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap cinta lingkungan dan sikap kreatif ketuntasan siswa mencapai 72% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori mulai berkembang , dan pada siklus II persentase sikap cinta lingkungan dan sikap kreatif ke tuntasan siswa mencapai 96% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori membudaya . Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 72% dari 25 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang ata u sebesar 28% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 96% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 1 orang atau sebesar 4% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam pe nelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap cinta lingkungan dan sikap kreatif siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Muararajeun pada pembelajaran tematik Tema Berbagai Pekerjaan dan Subtema Pek erjaan Orang Tuaku . Kata Kunci: Model Discovery Learning, Cinta Lingkungan , Kreatif , Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 14:15
Last Modified: 28 Sep 2016 14:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item