PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Pasundan 7 Bandung)

FERDINATA, 125010011 (2016) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMA Pasundan 7 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Mengatasi Kenakalan Siswa Oleh Guru Pkn Guru pendidikan kewarganegaraan bukan hanya sebagai pemberi materi pembelajaran saja, tetapi berupaya untuk mengatasi kenakalan siswa kearah yang lebih baik serta bertanggung jawab dalam pembentukan pribadi yang memiliki dasar disiplin yang baik. Oleh kare na itu guru pendidikan kewarganegaraan perlu membelajarkan siswa dengan cara pembelajaran yang didalamnya memberikan pesan moral tentang sikap pembentukan karakter siswa agar menjadi warga negara yang baik dan menjadi suri tauladan bagi implementasi pembi naan sikap pembentukan karakter siswa untuk membangun warga negara yang baik. Penulis merumuskan masalah yang akan diteliti yaitu “bagaimana peranan guru PKn dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Pasundan 7 Bandung”. Tujuan penelitian ini sebagai pembukti an dari tujuan umum dan khusus yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan guru PKn dalam upaya mengatasi kenakalan siswa di SMA Pasundan 7 Bandung melalui program pembelajaran secara terarah dengan berbagai aspek dalam nilai - nilai penghayatan sesuai dengan i ndikator kenakalan siswa untuk membentuk jati diri yang mempunyai sikap yang baik. Penulis menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang memusatkan diri pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, yang aktual, dan data dikumpulkan, disusun, d ijelaskan kemudian dianalisis, karena masalah yang diteliti sesuai dengan kriteria tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan keyakinan dapat disimpulkan bahwa terdapat upaya dalam mengatasi kenakalan siswa yang cukup baik dalam peranan guru PKn m elalui pembelajaran secara terarah dengan berbagai aspek dalam nilai - nilai penghayatan sesuai dengan indikator mengatasi kenakalan siswa untuk membangun warga negara yang baik dan cerdas. Kesimpulan hasil penelitian yakni guru PKn dapat melaksanakan progra m pembelajaran sesuai dengan peranannya sebagai guru PKn. Dapat melaksanakan program pembelajaran dengan langkah - langkah dalam mengatasi kenakalan siswa serta mampu mengatasi hambatan dan sudah berupaya membentuk karakter siswa agar menjadi warga negara ya ng baik dan cerdas dengan maksimal yaitu dengan tiada hentinya memberi nasehat dan sesekali memberi hukuman berupa sanksi kepada siswa yang tidak taat dan selalu memberi contoh prilaku yang mencerminkan kenakalan yang bertujuan pembentukan karakter kepada siswa agar menjadi warga negara yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 13:48
Last Modified: 28 Sep 2016 13:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13139

Actions (login required)

View Item View Item