PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di Kelas VIII-A SMP Negeri 10 Cimahi)

RATNA ANA SULISTIANA, 125010020 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di Kelas VIII-A SMP Negeri 10 Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Model Problem Based Learning dengan teknik Team Assisted Individualization , Penelitian Tindakan Kelas, Prestasi belajar siswa . Suatu inovasi model pembelajaran diperlukan guna meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu , peneliti mengambil judul “Penerapan Model Problem Base d Learning dengan Teknik Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Penelitian Tindakan Kelas p ada Materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di Kelas VIII - A SMP Negeri 10 Cimahi)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 10 Cimahi dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pembelajaran PKn pada materi “Pancasila sebagai Dasar Ne gara dan Ideologi Negara” dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan teknik Team Assisted Individualization . Permasalahan pokok dalam penelitian ini bahwa siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn, sehingga berpengaru h pada prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan dan observasi peneliti sebelum melaksanakan penelitian tindakan kelas. Metode y an g digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan pengumpulan data yang diguna kan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan rancangan analisis data yaitu reduction , display dan verification . Berdasarkan data hasil observasi penilaian RPP siklus I memperoleh persentase sebesar 70% dan siklus II sebesar 86,6% terjadi peningkatan, pada data hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 70,6% dan siklus II sebesar 82,6% dari data tersebut terjadi suatu peningkatan, pada persentase hasil akti vitas belajar siswa siklus I sebesar 68% dan siklus II sebesar 82% terjadi suatu peningkatan aktivitas siswa, Sedangkan persentase rekapitulasi nilai tes siswa siklus I sebesar 58,6% dan siklus II sebesar 85,7% terjadi suatu peningkatan dalam prestasi bela jar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa secara garis besar model Problem Based Learning dengan teknik Team Assisted Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi “Pancasila sebagai Dasa r Negara dan Ideologi N egara ” di kelas VIII - A SMP Negeri 10 Cimahi .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Sep 2016 13:16
Last Modified: 28 Sep 2016 13:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item