PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT (Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung)

HILMAYANI ANISAH, 125060213 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT (Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarpustaka.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Dalam praktek pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, kemampuan peserta didik dalam materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Masih banyak permasalahan pelaksanaan standar isi mata pelajaran IPS dari data pencapaian hasil observasi dan evaluasi proses pembelajaran IPS peserta didik kelas IV semester I tahun pelajaran 2015/2016 masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70, berdasarkan hasil evaluasi terakhir diketahui rata-rata nilai peserta didik sebesar 60 nilai tertinggi peserta didik 70 dan nilai terendah peserta didik 50, jumlah peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 67%. Setelah dilakukan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran dan menganalisis hasil belajar peserta didik, maka dapat dilihat beberapa permasalahan yang dapat diangkat untuk diadakannya penelitian antara lain sebagai berikut: (1)Pembelajarannya lebih banyak berpusat kepada guru (teacher centered), bukan kepada peserta didik (student centered); (2)Kurangnya motivasi belajar peserta didik dikelas diakibatkan model pembelajaran yang digunakan oleh guru ketika pelaksanaan PBM (Proses Belajar Mengajar) hanya bersifat klasikal yang cendrung membuat peserta didik merasa bosan ketika pembelajaran sedang berlangsung sehingga proses penyampaian materi kurang berjalan efektif; (3)Kurangya memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber belajar; (4)Model yang digunakan guru cenderung membosankan. Disamping itu, model pembelajran yang dikembangakan masih belum mampu mengkondisikan kemampuan peserta didik untuk mengembangkan pengetahuaanya secara mandiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka digunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian yang digunakan ini adalah pretes, lembar kerja siswa, postes , lembar wawancara, dan lembar observasi. Berdasarkan pengamatan dari analisis data yang ada, dapat dilihat adanya peningkatan terhadap materi persebaran sumber daya alam di lingkungan setempat melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas IV A SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata peserta didik hanya 60 sedangkan pada ketuntasan yaitu 70. jumlah peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 67%. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 73, sedangkan pada nilai ketuntasannya mengalami peningkatan sebesar 73,7% atau sebanyak 23 orang peserta didik yang telah tuntas. Kemudian pada siklus ke-II semua capaian nilai peserta didik telah mengalami peningkatan yang signifikan yaitu nilai rata-rata 91,2% atau sebayak 28 orang peserta didik yang telah mengalami ketuntasan. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Sikap Percaya Diri dan Motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 20:34
Last Modified: 27 Sep 2016 20:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13110

Actions (login required)

View Item View Item