PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMISARIS INDEPENDEN, DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Jasa Subsektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014)

DWI RYNDA WINDIARTI, 104020083 (2016) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KOMISARIS INDEPENDEN, DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Jasa Subsektor Transportasi yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2014). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Sidang akhir.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I revisi 1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II revisi.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nilai perusahaan pada dasarnya dapat diukur melalui beberapa aspek, salah satunya adalah dengan harga pasar saham perusahaan dan laporan keuangan perusahaan, karena harga pasar saham dan laporan keuangan perusahaan mencerminkan penilaian investor secara keseluruhan atas setiap ekuitas yang dimiliki. Tujuan yang diperhitungkan oleh perusahaan adalah untuk memaksimalkan kesejahteraan pemilik atau pemegang saham dengan cara memaksimalkan nilai perusahaan yang dapat ditempuh dengan memaksimalkan nilai sekarang atau present value semua keuntungan pemegang saham yang diharapkan akan diperoleh di masa depan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, antara lain komisaris kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, leverage ratio, dan komisaris independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan dan menjelaskan Kepemilikan Manajerial (X1), Kepemilikan Institusional (X2), Leverage Ratio (X3), dan Komisaris Independen (X4) terhadap Nilai Perusahaan (Y). Adapun populasi dari penelitian ini yaitu berdasarkan data yang diperoleh dari BEI dan internet. Pengambilan sampel dalam penelitian berdasarkan pada Purpossive Sampling dalam penelitian ini jumlah sampel yang diteliti sebanyak 9 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari kantor BEI bandung dan Internet untuk menganalisis Kepemilikan Manajerial (X1), Kepemilikan Institusional (X2), Leverage Ratio (X3) dan Komisaris Independen (X4) terhadap Nilai Perusahaan (Y), penulis menggunakan analisis uji validitas, uji realibilitas, uji t, uji normalitas data, uji korelasi dan regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS for Statistic Versi 20. Berdasarkan hasil penelitian, Koefisien determinasi sebesar 1,5% menunjukkan bahwa X1 memberikan pengaruh sebesar 1,5% terhadap Y. Koefisien determinasi sebesar 0,0% menunjukkan bahwa X2 tidak memberikan pengaruh terhadap Y. Koefisien determinasi sebesar 2,9% menunjukkan bahwa X3 memberikan pengaruh sebesar 2,9% terhadap Y. Koefisien determinasi sebesar 53,9% menunjukkan bahwa X4 memberikan pengaruh sebesar 53,9% terhadap Y sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu margin laba kotor, biaya usaha, modal kerja penjualan, biaya modal, penjualan awal. Kata kunci : Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage Ratio, Komisaris Independen dan Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2010
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 27 Sep 2016 19:50
Last Modified: 27 Sep 2016 19:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item