EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI LEMBAGA LEGISLATIF DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KESETARAAN GENDER (Studi Deskriptif di DPRD Provinsi Jawa Barat)

NUR QOMARIYAH, 125010040 (2016) EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI LEMBAGA LEGISLATIF DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KESETARAAN GENDER (Studi Deskriptif di DPRD Provinsi Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR ISI Skripsiii.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi nur.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Gender pada dasarnya menuntut adanya kesetaraan peran antara laki-laki dan perempuan. Hal tersebut sebenarnya tanpa dasar, karena secara formal perempuan mempunyai kewargaan yang sama dengan laki-laki dalam sistem demokrasi. Mengikuti perkembangan isi kesetaraan gender tersebut, keinginan perempuan untuk tampil dalam ranah politik semakin meningkat. Sejak tahun 2002, wacana peningkatan jumlah perempuan di panggung politik sudah mulai terdengar gaungnya. Sampai akhirnya di pemilu 2004, isu tersebut terealisasi meskipun hanya sebatas penetapan kuota 30% atas perempuan dalam parlemen. Jumlah tersebut merupakan gambaran umum dari minimnya partisipasi perempuan Indonesia dalam dunia perpolitikan. Kuota itu tercantum dalam UU No. 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD. Oleh karena itu peneliti mengambil judul “EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI LEMBAGA LEGISLATIF DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KESETARAAN GENDER” Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran umum tentang keefektifan perempuan memimpin di lembaga legislatif yang berhubungan dengan kesetaraan gender terkhusus di DPRD Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif, peneliti terjun langsung kelapangan melihat secara objektif bagaimana perempuan itu sendiri dalam memimpin suatu organisasi/lembaga politik. Penelitian ini dilakukan di DPRD Provinsi Jawa Barat dengan jumlah responden sebanyak 21 orang yaitu anggota legislatif yang berjenis kelamin perempuan. Setelah dilakukan peneletian dan dihitung sesuai dengan rancangan analisis data didapatkan data bahwa tanggapan responden terhadap keefektifan perempuan (Varibel X) termasuk dalam kategori cukup efektif dalam memimpin, dan tanggapan responden terhadap kesetaraan gender (Variabel Y) termasuk dalam kategori setara. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya efektivitas kepempinpnan perempuan dilembaga legislatif berpengaruh signifikan terhadap kesetaraan gender. Kesimpulan dari hasil penelitian yang peneliti dapatkan dilapangan bahwa efektivitas kepemimpinan perempuan di Lembaga Legislatif berpengaruh signifikan terhadap kesetaraan gender. Karena perempuan mempunyai kedudukan yang sama dengan laki-laki di dunia politik tanpa adanya perbedaan gender antar keduanya. Kata Kunci : Kepemimpinan Perempuan, Lembaga Legislatif, Gender

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 19:55
Last Modified: 27 Sep 2016 19:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13088

Actions (login required)

View Item View Item