PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Studi pada Bagian Keuangan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung)

Rezky Aliman Pasya, 124020426 (2016) PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Studi pada Bagian Keuangan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I FIX.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II FIX.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam rangka mewujudkan kinerja pemerintah yang memuaskan berupa tata kelola pemerintah yang baik (good government / good governance), pemerintah terus melakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara atau daerah, salah satunya adalah dengan penyempurnaan sistem akuntansi keuangan daerah secara menyeluruh. Salah satu cara yang ditempuh pemerintah dengan memberikan dan menyempurnakan perangkat peraturan perundangan tentang pengelolaan keuangan negara atau daerah. Untuk mencapai pengelolaan keuangan negara atau daerah yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel perlu diterapkan sistem akuntansi keuangan daerah dalam penyelengaraan kegiatan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Akuntabilitas Keuangan Daerah secara parsial. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 123 orang dan telah melewati sampling jenuh atau sensus jumlah sampel menjadi 28 orang di bagian keuangan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung. Teknik analisa yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel dengan variabel yang lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa taraf signifikan 0,05 dari hasil perhitungan thitung diperoleh nilai sebesar 4,190 dan dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n-2, maka diperoleh nilai dari ttabel = 2,506, diperoleh nilai thitung = 4,190 sedangkan ttabel 2,506 dengan demikian thitung 4.190 > 2.506 ttabel, maka hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa sistem akuntansi keuangan daerah secara parsial memiliki pengaruh terhadap akuntabilitas keuangan daerah. Dengan demikian dapat dikatakan meningkatnya akuntabilitas keuangan daerah Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dipengaruhi oleh Sistem Akuntansi Keuangan Daerah secara parsial ada pengaruh sistem akuntansi keuangan daerah terhadap akuntabilitas keuangan daerah Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung sebesar 40,30 % sedangkan sisanya 59,70 % pengaruh dari faktor-faktor lain yang mempengaruhi akuntabilitas keuangan daerah namun tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntabilitas Keuangan Daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 27 Sep 2016 19:18
Last Modified: 27 Sep 2016 19:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13087

Actions (login required)

View Item View Item