PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Suatu Studi Pada DISPENDA dan INSPEKTORAT Pemerintah Kota Cimahi)

Jonny M Situmorang, 094020150 (2016) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Suatu Studi Pada DISPENDA dan INSPEKTORAT Pemerintah Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peran sistem pengendalian intern di perlukan untuk tercapainya kualitas laporan keuangan dalam suatu pemerintahan. Dengan berjalan sebagaimana mestinya pengendalian intern tersebut maka kualitas laporan keuangan pemerintah yang relevan dan andal akan tercapai. Apabila kualitas laporan keuangan telah di katakan relevan dan andal, maka pengendalian internnya pun benar-benar bisa di pertanggungjawabkan, dalam artian mempunyai informasi yang akurat dan akuntabel. Penelitian ini berjudul ‘Pengaruh Sistem Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah” Penelitian ini bertujuan adalah mengetahui dan membuktikan pengaruh sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada pemerintah Kota Cimahi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriftif dan verifikatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana, koefisien determinasi serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan pengolahan data di bantu dengan software SPSS for Statistic Versi 20. Sampel dalam penelitian ini didasarkan pada metode purposive sampling. Metode purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diteliti sebanyak 21 responden, dari dinas dan lembaga teknis daerah yang ada di Pemerintahan kota Cimahi yaitu masing-masing bidang yang bertugas dalam pengelolaan keuangan daerah dan pengawasan daerah. Hasil penelitian menunjukkan sistem pengendalian intern berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan arah hubungan yang positif. Baiknya sistem pengendalian intern mampu meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Cimahi. Besarnya pengaruh sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan berada pada kriteria sangat tinggi. Kata kunci : Sistem pengendalian intern dan kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2009
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 27 Sep 2016 18:48
Last Modified: 27 Sep 2016 18:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13078

Actions (login required)

View Item View Item