EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPA 1 SMA Sumatra 40 Bandung)

TANTI SUSANTI, 125010035 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPA 1 SMA Sumatra 40 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas penggunaan media power point yang digunakan oleh guru mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas XI IPA 1SMA Sumatra 40 Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi Pelajaran PPKn. Fokus penelitian ini mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Bagaimana Efektivitas Penggunaan Media power point dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas XI IPA 1SMA Sumatra40 Bandung. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMA Sumatra 40 Bandung. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang efektivitas penggunaan media power point dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Mapel PPKn. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara langsung, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa media power point yang digunakan oleh guru mapel PPKn kelas XI IPA 1 efektif sebagai media pembelajaran dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa pada mapel PPKn, hal ini terbukti dengan aktifitas pada saat proses belajar siswa di dalam kelas lebih aktif, suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, daya serap siswa akan materi yang disampaikan oleh guru lebih tinggi, siswa lebih giat dalam belajar mapel PPKn, materi pelajaran tertuntaskan, serta guru PPKn lebih kreatif dalam memilih dan mendisain media yang akan digunakan sebagai sarana menyampaikan materi pelajaran. Temuan tersebut dapat memberikan kontribusi bagi para guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pelajaran, keadaan siswa, sarana dan prasarana yang tersedia serta kemampuan guru, sehingga tercipta pembelajaran yang efektif guna tercapai tujuan yang diharapkan. Kata kunci : Efektivitas Penggunaan Media Power Point Dalam Meningkatkan Minat Belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 18:30
Last Modified: 27 Sep 2016 18:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item