PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur Kelas V Pada Materi Makna Peninggalan Sejarah yang Bersekala Nasional dari Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia)

RENDI RUSPIANDI, 125060134 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri Sukaraharja Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur Kelas V Pada Materi Makna Peninggalan Sejarah yang Bersekala Nasional dari Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V Materi Makna Peninggalan Sejarah Bersekala Nasional Dari Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah kelas V SD Negeri Sukaraharja, sebanyak 25 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase kreativitas siswa mencapai 56% dari jumlah keseluruhan siswa dan pada siklus II persentase kreativitas ketuntasan siswa mencapai 76% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 12 orang atau sebesar 48% dari 25 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 13 orang atau sebesar 52% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 84% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 4 orang atau sebesar 16% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sukaraharja pada pembelajaran IPS materi Makna Peninggalan Sejarah Bersekala Nasional Dri Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kreativitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 18:32
Last Modified: 27 Sep 2016 18:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item