PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVIS PADA PEMBELAJARAN SIFAT - SIFAT, PERUBAHAN SIFAT BENDA DAN KEGUNAANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian T indakan Kelas di K elas III SD N Andir 02 Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 201 6 /201 7 )

AHMAD SYARONI KERTA SUKMAN, 125060208 (2016) PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVIS PADA PEMBELAJARAN SIFAT - SIFAT, PERUBAHAN SIFAT BENDA DAN KEGUNAANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian T indakan Kelas di K elas III SD N Andir 02 Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 201 6 /201 7 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK AHMAD.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Ahmad.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Ahmad.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan bahwa dalam penyajian proses pembelajaran IPA terlihat mas ih monoton dimana guru masih mendominasi pembelajaran sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran masih kurang. Selain faktor pengelolaan kelas kendala yang lain adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat, yaitu guru menggunakan model pembelajaran ceramah yang menempatkan guru sebagai pusat pem belajaran dan siswa hanya sebagai pendengar yang menimbulkan pembelajaran yang pasif dan membo sankan sehingga tidak dapat mena ngkap konsep - konsep yang disampaikan oleh guru dengan baik, begitu juga respon siswa yang kurang senang dengan gaya mengajar guru yang selalu monoton dalam pembelajaran IPA yang pada akhirnya hasil belajar siswa rendah. Adapun model penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan penelitia n dilakukan dua siklus dan pada satu siklusnya dua pertemuan dimana subjeknya yaitu siswa kelas III dengan jumlah 36 siswa. Instrument yang digunakan diantaranya yaitu pos pretest dan postest, angket, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, LKS . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam pelajaran IPA pada materi sifat - sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari - hari di Kelas III SDN Andir 02 , Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung dengan menggunak an model konstruktivis . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase 86,11 % dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata – rata dar i setiap siklus, siklus I 63,61 dan 70,83 , siklus II 76,11 dan 77,22 , ini berarti ada peningkatan dari setiap siklusnya, hal ini menu n jukkan bahwa model konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa menjadi lebih aktif, berani bertanya dan pembelajaran pun menjadi lebih menyenangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi sifat - sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehar - hari Kata kunci : Model Konstruktivis dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2016 19:27
Last Modified: 27 Sep 2016 19:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13049

Actions (login required)

View Item View Item