PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Kuantitatif di SMAN 22 Bandung)

YAYANG SITI NURDIANI, 125010034 (2016) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Deskriptif Kuantitatif di SMAN 22 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Game Online, Motivasi beajar, dan Siswa,Penelitian Kuantitatif. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan terhadap penggunaan game online yang menyebabkan tingkat motivasi belajar siswa menurun. game online memberikan pengaruh besar serta kontribusi terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu penulis mencoba melihat adanya pengaruh antara game online dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi siswa kelas XI-IIS2 SMA Negeri 22 Bandung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sample non proboality sampling yaitu sample yang telah ditentukan sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas XI-IIS 2, terdiri dari dua macam angket. Angket pertama mengetahui mengenai frekuensi, waktu dan perasaan dalam bermain game online. Angket kedua mengetahui kemauan, ketekunan dan penggerak ( hasil belajar siswa) terhadap motivasi belajar siswa. Angket yang diberikan berupa angket terbuka yang terdiri dari 5 opsi jawaban [ Sangat setuju ( SS), Setuju (S), Ragu-ragu (RR), Tidak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS)]. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan bantuan program Excel 2010 dan SPSS 22.0 for windows. Teknik penyajian data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier ganda dan uji hipotesis. Hasil dari pengaruh game online secara simultan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 53,4% korelasi secara signifikan.Sedangkan korelasi pengaruh game online sebesar 28,6%. Temuan penelitian, yaitu bahwa game online memberikan dampak negatif terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu pengguna game online perlu mendapatkan pengawasan dan pemahaman mengenai dampak negatif game online. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan atau referensi penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:27
Last Modified: 27 Sep 2016 17:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item