PENGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING METHOD UNTUK MENINGKATKAN KERJASAM A DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas V Semester Ganjil Sekolah Dasar Negeri Merdeka Jln. Peneropongan Bintang Kec. Lembang Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016/2017)

DWI DJAYA HENINGSIH, 125060114 (2016) PENGUNAAN MODEL PROBLEM SOLVING METHOD UNTUK MENINGKATKAN KERJASAM A DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas V Semester Ganjil Sekolah Dasar Negeri Merdeka Jln. Peneropongan Bintang Kec. Lembang Kab. Bandung Barat Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kerjasama siswa karena siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, rata - rata prest asi belajar siswa pada pembelajaran ipa dengan materi organ tubuh manusia dan hewan belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa siswa pada pembelajaran IPA dengan materi organ tubuh manusia dan hewan di kelas V SDN Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model problem solving . Adapun, tahapan set iap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem solving dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi bel ajar siswa kelas V pembelajaran IPA dengan materi organ tubuh manusia dan hewan . Dengan demikian model problem solving dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Problem Solving, Kerjasama, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:24
Last Modified: 27 Sep 2016 17:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item