PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT (Penelitian Tindakan Kelas Membaca Peta di Kelas IV B SDN Cicadas Barat Kota Bandung Tahun Akademik 2016/2017)

INTAN NURFITRIANI, 125060196 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT (Penelitian Tindakan Kelas Membaca Peta di Kelas IV B SDN Cicadas Barat Kota Bandung Tahun Akademik 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan model quantum teaching. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang hampir selalu disajikan secara verbal melalui kegiatan ceramah dengan keterlibatan siswa yang sangat sedikit, kurang menarik minat siswa dan membosankan. Guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran, sementara siswa pasif. pembelajaran berpusat pada siswa tidak berlangsung. Guru jarang menggunakan alat peraga atau media pelajaran serta tidak terbiasa melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan percobaan. Kurangnya interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa dalam membahas materi IPS, guru belum mengembangkan kegiatan diskusi kelompok maupun diskusi kelas, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam bertanya, menjawab maupun mengeluarkan pendapat, guru kurang melakukan pembelajaran di kelas yang menerapkan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan model quantum teaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi membaca peta lingkungan setempat di kelas IV. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I kesiklus II terlihat dari hasil belajar siswa setelah diterapkannya model quantum teaching. Pada siklus I hasil tes siswa memperoleh persentase ketuntasan KKM adalah 62,96%, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan KKM adalah 81,48%. Hal ini dikarenakan pada model pembelajaran quantum teaching membantu siswa memcahkan masalah yang diberikan kepada siswa agar siswa aktif dalam proses pembelajaran dengan berusaha untuk mencari pemecahan masalah secara mandiri maka akan memberikan suatu pengalaman konkret. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV pada materi membaca peta lingkungan setempat. Kata kunci: model quantum teaching, hasil belajar siswa, pembelajaran IPS, membaca peta.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:09
Last Modified: 27 Sep 2016 17:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13036

Actions (login required)

View Item View Item