MODIFIKASI JALUR RITASI PENGANGKUTAN SAMPAH DARI WILAYAH BANDUNG SELATAN DAN WILAYAH BANDUNG TIMUR KE STASIUN PERALIHAN ANTARA (SPA) GEDEBAGE MENGGUNAKAN MODEL VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP) METODE NEAREST NEIGHBOUR

AHMAD HIDAYAT AWALUDIN, 103050010 and Anni Rochaeni, DS (2016) MODIFIKASI JALUR RITASI PENGANGKUTAN SAMPAH DARI WILAYAH BANDUNG SELATAN DAN WILAYAH BANDUNG TIMUR KE STASIUN PERALIHAN ANTARA (SPA) GEDEBAGE MENGGUNAKAN MODEL VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP) METODE NEAREST NEIGHBOUR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pengangkutan sampah adalah sub-sistem persampahan yang bersasaran membawa sampah dari lokasi pemindahan atau dari sumber sampah secara langsung menuju tempat pemerosesan akhir, atau TPA. Dengan optimasi subsistem ini diharapkan pengangkutan sampah menjadi mudah, cepat, serta biaya relatif murah. Minimasi jumlah sarana yang digunakan serta jarak dan waktu tempuh merupakan tujuan utama dari perencanaan rute transportasi sampah. Penelitan ini di lakukan di pelayanan Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung wilayah selatan dan wilayah timur dengan keadaan kurangnya sistem pengangkutan yang optimal khususnya pada sub bagian pelayanan pengangkutan sampah. Dengan adanya rencana perpindahan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) ke Legok nangka yang berada di Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung yang nantinya setiap kendaraan pengangkut sampah akan menuju Stasiun Peralihan Antara (SPA) dimana terdapat 2 SPA yang akan beoperasi di Kota bandung yaitu SPA Gedebage dan SPA Lewih gajah. Untuk wilayah Bandung selatan dan wilayah timur akan di layani oleh SPA Gedebage dimana perlu pengaturan rute baru untuk kendaraan pengangkut sampah menuju SPA Gedebage dengan dump truk 10 m 3 untuk melayani semua TPS. Analisa yang digunakan pada tahap pemecahan masalah dengan model Vehicle Routing Problem metode Nearest Neighbour, metode Nearest Neighbour sebagai metode yang membentuk rute lebih efektif. Metode Nearest Neighbour mampu melayani semua Tempat Penampungan Sementara (TPS) dengan total jarak tempuh 346 km untuk Bandung selatan dan total jarak tempuh 195 km untuk Bandung timur . Selain itu, rute yang dibentuk lebih memaksimalkan jumlah volume yang diangkut pada setiap rutenya dengan kendaraan dump truk kapasitas 10 m 3. . kata kunci : Pengangkutan sampah,Vehicle Routing Problem (VRP), Nearest Neighbour, wilayah Bandung selatan dan wilayah Bandung timur , Stasiun Peralihan Antara (SPA).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 27 Sep 2016 16:27
Last Modified: 27 Sep 2016 16:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item View Item