PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

MELANI GALUH N. P, 125060249 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Gunungleutik 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Gunungleutik 03 yang menunjukkan kurangnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Salah satu penyebab kurangnya hasil belajar peserta didik yaitu penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode ini kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran karena peserta didikhanya menjadi pendengar setia ceramah yang disampaikan guru sehingga peserta didik menjadi pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran example non example. Model pembelajaran example non example merupakan model yang menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk belajar berpikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mengenai operasi hitung bilangan dalam pembelajaran Matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik dari hasil pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dari yang mencapai KKM 47,2% dan yang tidak mencapai KKM adalah 66,6% dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan siklus II menunjukkan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 91%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis 85%. Selain itu aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran example non examples elain dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Kata Kunci: Example Non Example,HasilBelajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:12
Last Modified: 27 Sep 2016 17:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item