PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BOJONG LOA BANDUNG ( Penelitian Tindakan Kelas tentang Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat)

RIZKA AMELIA JUNJUNAN, 125060288 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BOJONG LOA BANDUNG ( Penelitian Tindakan Kelas tentang Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak Indo.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. daftar isi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal penelitian di kelas IV SDN Bojong Loa Bandung, ditemukan beberapa masalah pada proses pembelajaran siswa. Salah satunya yaitu dalam proses pembelajaran IPS pada materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat. Dapat terungkap kurangnya sikap Motivasi siswa terhadap pembelajaran, hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih belum memuaskan. Diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS mencapai rata-rata 17,39%, nilai ini masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM), yaitu 65. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana yang menjadi subjeknya yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 23 orang. Adapun instrumen yang digunakan sebagai berikut : (1) lembar observasi aktivitas guru/peneliti dan siswa, (2) lembar wawancara guru, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), (4) Lembar Kerja Kelompok (LKK) (5) dan tes berupa evaluasi hasil siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat pada kelas IV SDN Bojong Loa Bandung. Bedasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Motivasi siswa. Pada siklus 1 rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 52,17%, rata-rata nilai kelompok yang diperoleh siswa sebesar 73,91%, serta pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 100%, rata-rata nilai kelompok yang diperoleh siswa sebesar 100%. Hal ini menunjukan bahwa terjadinya peningkatan Motivasi dan hasil belajar dari siklus I sampai dengan siklus II berdasarkan dari pengolahan data dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bojong Loa Bandung. Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 14:41
Last Modified: 27 Sep 2016 14:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item