UPAYA GURU PKN DALAM MENANAMKAN NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN (Studi Deskriptif Analisis di SMA PGRI 1 Subang)

IRMA RISMAYANTI, 125010017 (2016) UPAYA GURU PKN DALAM MENANAMKAN NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN (Studi Deskriptif Analisis di SMA PGRI 1 Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Bhs. Indonesia.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract Bhs. Innggris.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II Kajian Teoritis.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Nasionalisme dan patriotisme bangsa Indonesia merupakan perwujudan rasa c inta bangsa Indonesia terhadap n egara dan tanah air berdasarkan Pancasila. Nasionalisme dan sika p patriotisme kini berada dalam pusaran perada b an b aru bernama goblalisasi dan mendapat tantangan yang begitu besar. Rasa nasionalisme dan patriotisme pada generasi sekarang kini mulai terkikis, luntur perlahan dan di gantikan faham baru seiring dengan per kembangan zaman. Karena terkikisnya nasionalisme dan sikap patriotisme inilah banyak pihak yang mulai membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme melalui berbagai kegiatan. Salah satunya melalui penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme dalam pendidikan. Pendidikan berbasis nasionalisme dan patriotisme menjadi sebuah jalan keluar bagi proses perbaikan bangsa dan negara Indonesia. Oleh karena itu untuk menghindari lunturnya rasa nasionalisme dan patriotisme tersebut maka peneliti mengambil judul UPAYA GURU PKN DALAM MENANAMKAN NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME PAD A SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui upaya guru PKn dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme pada siswa dalam kegiata n belajar mengajar, u ntuk mengetahui sikap siswa setelah memahami nilai nasionalisme dan patriotsme melalui pembelajaran PKn dalam kegiatan sehari - hari di sekolah , u ntuk mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMA PGRI 1 Subang . Fokus penelitian adalah perencanaan, pelaksana an dan evaluasi penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme pada si swa serta hambatan yang muncul dalam proses penanaman nilai nasionalisme pada siswa di SMA PGRI 1 Subang dengan jumlah responden sebanyak 35 orang yaitu sisa siswi kelas X IPS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1 ) U pay a penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme yang dilakukan guru melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan padasiswa kelas X IPS 4 yaitu guru selalu mengecek kelengkapan buku paket dan tugas siswa sebelum memulai pembelajaran, guru memberi pengarahan pada siswa agar meng ikuti ekskul da kegiatan sosial, guru selalu memberi kesempatan siswa untuk bertanya, dan guru memotivasi siswa untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta mencintai kebudayaan / produk asli dalam negeri, 2 ) Pemahaman nilai nasionalisme dan patriotisme pada siswa kelas X vii IPS 4 sudah baik, terlihat dari sebagian besar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas maupun di lingkungan sekolah sudah senantiasa mengamalkan nila i nasionalisme dan patrotisme , 3) Kendala yang dihadapi oleh guru PKn dalam proses penyampaian materi sebagian siswa sulit untuk mengerti dan memahami nilai nasionalisme dan patriotisme, jadi guru PKn mengupayakan dengan cara memberi contoh terus menerus pada siswa agar siswa mengetahui wujudnya nilai nasionalisme d an patriotism itu seperti apa . 4) Pelaksanaan penanaman nilai - nilai nasionalisme melalui proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas X IPS 4 SMA PGRI 1 Subang Tahun 201 6 yaitu, tercermin pada keinginan siswa menjadi warga negara yang ba ik, setia terhadap negara, menghormati negara dalam keadaan apapun, dan senantiasa mencintai negara. Nilai - nilai nasionalisme tersebut diimplementasikan dalam proses pembelajaran di kelas, interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru baik di dalam ma upun di luar kelas. Kata kunci: Upaya guru PKn, penanaman nilai, nasionalisme dan patriotisme , pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Sep 2016 13:58
Last Modified: 27 Sep 2016 13:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12978

Actions (login required)

View Item View Item