PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASUKAN PENGIBAR BENDERA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP NASONALISME SISWA (Studi Deskriptif Analisis di SMP Negeri 2 Anjatan Indramayu)

POPI HARYANTI JULYANI, 125010007 (2016) PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PASUKAN PENGIBAR BENDERA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP NASONALISME SISWA (Studi Deskriptif Analisis di SMP Negeri 2 Anjatan Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT ENGLISH.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I JADI.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II JADI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa”. Studi Deskriptif Analisis di SMP Negeri 2 Anjatan Indramayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang peranan kegiatan ekstrakurikuler paskibra dalam menumbuhkan sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 2 Anjatan Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu memusatkan diri secara intensif terhadap suatu objek terentu dengan mempelajari sebagai suatu kasus juga menggunakan metode metode analisis kualitatif yang merupakan pengumpulan data dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang menyangkut klasifikasi atau kategorisasi sejumlah variabel. Subjek penelitian adalah Guru Pkn, Pembina Paskibra dan seluruh Anggota Ekstrakurikuler Paskibra. Sedangkan objek penelitiannya yaitu SMP Negeri 2 Anjatan Indramayu. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrakurikuler paskibra SMP Negeri 2 Anjatan Indramayu berperan dalam hal menumbuhkan sikap nasionalisme siswa. Kesimpulannya program kegiatan yang ada pada ekstrakurikuler paskibra menunjang terbentuknya sikap nasionalisme siswa terutama kedisiplinan, tanggungjawab dan percaya diri. Saran dari penulis diharapkan pihak sekolah selalu mendukung dan memfasilitasi segala kegiatannya. Para anggota paskibra harus mampu menarik minat siswa lain untuk menjadi anggota paskibra. Dan bagi peliti selanjutnya diharapkan agar mengembangkan dan menyempurnakan berbagai variabel dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 13:41
Last Modified: 27 Sep 2016 13:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12976

Actions (login required)

View Item View Item