PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Masalah Sosial Semester 2 SDN Juntigirang III Kec. Katapang Kab. Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016)

MEITA FITLANDASWARI, 125060144 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Masalah Sosial Semester 2 SDN Juntigirang III Kec. Katapang Kab. Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
JUDUL SKRIPSI COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI MEITA.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Juntigirang 03 Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung dengan Subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 29 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa. Bedasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya, bahwa proses belajar yang dilakukan sebelumnya tidak melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya keberanian mengungkapkan pendapat, kurangnya sikap percaya diri siswa serta hasil belajar siswa tidak sesuai dengan apa yang telah ditentukan. Selain itu, adanya faktor lain yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurang profesional guru dalam menyampaikan bahan ajar, kurang memperhatikan keseluruhan siswa, guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran, kurangnya guru dalam mengasah siswa untuk melakukan tanya jawab, sehingga pembelajaran terkesan menoton dan teacher center. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui penerapan model Problem Based Learning. Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 2 siklus, setiap siklus terdapat tiga pembelajaran dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi.Sikap Percaya Diri yaitu pada siklus I 68% dan siklus II 92%, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 76% dan pada siklus II 92%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 76% dan siklus II 80%. Bedasarkan hasil tersebut, maka dengan menerapkan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPS tentang Masalah Sosial dapat meningkatkan Sikap Percaya Diri dan hasil belajar siswa. Hambatan dalam penelitian ini adalah waktu yang di targetkan pada saat pengumpulan data pelaksanaan pembelajaran >70 menit. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada siswa yang sudah selesai untuk membacakan hasil diskusi di depan kelas. Kata Kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, pembelajaran IPS, dan materi Masalah Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 13:07
Last Modified: 27 Sep 2016 13:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item