Alya Rachma Indrayan, 125060119 (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKAT KAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARAK B,INGG.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.I alya.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Dewi Sartika dengan subjek penelitian adalah kelas I V. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IP S . Pada penelitian ini peneliti mengambil materi mengenai persebaran jenis sumber daya alam dan manfaatnya untuk k egiatan ekonomi dengan model kooperatif tipe number head together dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah peserta didik kelas I V SDN Dewi Sartika dengan jumlah 3 4 orang yang terdiri atas 1 4 laki - laki dan 20 orang perempuan, adapun instrument yang d ipakai dalam penelitian kali ini adalah lembar observasi kemampuan berkomunikasi siswa dan lembar evaluasi hasil belajar siswa . Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar instrument dan hasil wawancara serta angket . Dari hasil penel itian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase kemampuan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran dengan hasil pada siklus I yaitu 52% dan siklus II yaitu 88%. Adapun hasil belajar peserta didik menggunakan model kooperatif tipe number head together menga lami peningkatan dalam setiap siklusnya, ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 65 % dan siklus II 91 %. Nilai rata - rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I nilai rata - rata sebesar 70 ( cukup ), dan pada siklus II nilai rata - rata se besar 79 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe number head together pada pembelajaran IP S dalam materi persebaran jenis sumber daya alam dan manfaatnya untuk kegiatan ekonomi dapat meningkatka n kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa . Kata Kunci : Model kooperatif tipe number head together, pembelajaran IP S , meningkatkan kemampuan berkomunikasi, hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 21:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 21:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12895 |
Actions (login required)
View Item |