PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Galudra Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Pipit Sopiah, 125060200 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya Pada Siswa Kelas IV SDN Galudra Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian Penerapan model cooperative learning tipe example non example untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya pada siswa kelas IV SDN Galudra dilatar belakangi dengan rendahnya aktivitas siswa dalam kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model cooperative learning tipe example non example. Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana tiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang memuaskan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar, Hasil postest dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan persentase 57,1 % pengamatan aktivitas siswa dengan persentase 52,4 % dan siklus II dengan persentase 90,5 % pengamatan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan persentase 85,7%. Dengan demikian, penerapan model cooperative learning tipe example non example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya. Kata kunci: Cooperative Learning tipe Example Non Example, aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:34
Last Modified: 27 Sep 2016 15:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12891

Actions (login required)

View Item View Item