PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL INKUIRI (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Cimega Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2015/2016)

NELI FRIMALA SARI, 125060150 (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL INKUIRI (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V SDN Cimega Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Cimega dengan subjek penelitian adalah kelas V. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Pada penelitian ini peneliti mengambil materi mengenai Menghargai Perjuangan Para Tokoh dalam Mempertahankan Kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Objek penelitian adalah siswa kelas V SDN Cimega dengan jumlah 25 orang yang terdiri atas 15 lakilaki dan 10 orang perempuan, adapun instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari, lembar instrument, hasil test, dan lembar observasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil belajar siswa menggunakan model Inkuiri mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I pertemuan I siswa yang mencapai KKM sebesar 44%, pertemuan II 52%, dan siklus II pertemuan I sebesar 72%, pertemuan II 80%. Nilai rata-rata dalam hasil belajar pun mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya pada siklus I nilai rata-rata sebesar 65 (kurang), pada siklus II nilai rata-rata sebesar 70 (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan model Inkuiri pada pembelajaran IPS dalam materi menghargai perjjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Inkuiri, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:45
Last Modified: 26 Sep 2016 18:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12890

Actions (login required)

View Item View Item