PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN 4 GALANGGANG

ERLY DWI GUSTIKOWENDHA, 125060199 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN 4 GALANGGANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.0.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.2.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.3.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS materi Keragaman Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV-B SDN 4 Galanggang dan dilatar belakangi keadaan siswa yang menunjukan hasil belajar masih banyak dibawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan dalam setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari 5 fase, yaitu: orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing pengalaman indivisual atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penialaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui sikap kerjasama dan hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil tes belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus I yaitu 73,83 (60%), dan hasil belajar pada siklus II yaitu 77,99 (82,14%). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Keragaman kenampakan alam dan sosial budaya di kelas IV-B SDN 4 Galanggang. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBL dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Problem Based Learning, kerjasama dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:34
Last Modified: 26 Sep 2016 21:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12882

Actions (login required)

View Item View Item