UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI MACAM - MACAM SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

ROHAENI, 125060237 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI MACAM - MACAM SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II terbaru bu uum.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ayena pisan.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan macam - macam sumber daya alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kebon gedang 2 dan dilatar belakangi keadaan siswa yan g kurang menunjukkan minat dan hasil belajar di dalam proses pem belajar an yang masih banyak di bawah KKM . Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observa si, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 5 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi m asalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian aktivitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru , siswa selama proses pembelajaran dan angket minat siswa . Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata - rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus 1 nilai rata - rata yaitu 71,8 , dan hasil belajar siklus 2 ra ta - rata nilai mencapai 85 . Minat siswa pada siklus I peningkatan minat belajarnya adalah 63,3% , d an pada siklus II peningkatan adalah 85%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa p ada pembelajaran IPS pokok bahasan macam - macam sumber daya alam di kelas IV SDN Kebon Gedang 2 . Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : Problem Based Learning , minat belajar , hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:34
Last Modified: 26 Sep 2016 21:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12875

Actions (login required)

View Item View Item