MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TIPE MAKE A MATCH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Mila Amalia, 125060129 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TIPE MAKE A MATCH DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover SKRIPSI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV terhadap pembelajaran PKn pada materi Mengenal Lembaga-Lembaga Dalam Susunan Pemerintahan Desa Dan Pemerintahan Kecamatan yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Cibabat Mandiri 4, sebanyak 33 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase penilaian aktivitas ketuntasan mencapai 27% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori kurang baik, dan pada siklus II persentase penilaian aktivitas ketuntasan siswa mencapai 84% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori baik. Hasil belajar siklus 1 jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 48,45% dari 33 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang atau sebesar 51,5 dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 27 orang atau sebesar 80,34% dari 33 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 6 orang atau sebesar 19,65% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Inquiry Based Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Cibabat Mandiri 4 pada pembelajaran PKn materi mengenal Lembaga-Lembaga Dalam Susunan Pemerintahan Desa Dan Pemerintahan Kecamatan. Kata Kunci: Inquiry Based Learning, Make A Match, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 19:31
Last Modified: 26 Sep 2016 19:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12866

Actions (login required)

View Item View Item