PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAK

HENDRI, 125060068 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ( ACC ).pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ( ACC ).pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi Jadi.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegallega Kota Bandung pada S ub tema Keberagaman Budaya B angsaku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pemb elajaran sedangkan g uru kelas sebagai observer . PTK ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan dalam enam kali pertemuan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini terbagi kedalam dua jenis, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika perencanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajara n mencapai persentase sebesar 80 %. Sedangkan keberhasilan hasil yaitu jika aktivitas belajar siswa yang meliputi kognitif produk (P1), kognitif proses (P2) dan psikomotor (P3) serta hasil afektif pe mbelajaran yang meliputi afektif karakter (P4) dan keterampilan sosial (P5 ) mencapai persentase sebesar 80 % dari jumlah siswa kelas IV yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM=3,00). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Discover y Learning pada sub tema keberagaman budaya bangsaku dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan hasil peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil afektif pembelajaran pada setiap siklusnya. Hasil P1 siklus I pertemuan satu sebesar 43%, pertemuan dua sebesar 54% dan pertemuan tiga sebesar 64%, siklus II pertemuan empat sebesar 71%, pertemuan lima sebesar 82% dan pertemuan enam sebesar 89%. Hasil P2 siklus I pertemuan satu sebesar 36%, pertemuan dua sebesar 4 6% dan pertemuan tiga sebesar 61%, siklus II pertemuan empat sebesar 68%, pertemuan lima sebesar 79% dan pertemuan enam 89%. Hasil P3 siklus I sebesar pertemuan satu sebesar 43%, pertemuan dua sebesar 54%, pertemuan tiga sebesar 64%, siklus II pertemuan em pat 71%, pertemuan lima sebesar 82%, pertemuan enam sebesar 89%. Adapun hasil afektif pembelajarannya sebag ai berikut : Hasil P4 siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 83%. Hasil P5 siklus I sebesar 77% dan siklus II sebesar 80%. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada Tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya B angsaku dapat meningkatkan ak tivitas dan hasil belajar siswa Kata Kunci : Discovery Le arning , aktivitas dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:50
Last Modified: 26 Sep 2016 18:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12865

Actions (login required)

View Item View Item