PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Mekarmukti 2 Jl. Cikaro No. 218 Desa. Mekarmukti Kec. Mekarmukti Kabupaten Garut)

KIKI NURJAMAN, 125060285 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Mekarmukti 2 Jl. Cikaro No. 218 Desa. Mekarmukti Kec. Mekarmukti Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abtract.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian dan pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Mekarmukti 2 Kabupaten Garut yang menujukkan kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Mekarmukti 2 Kabupaten Garut dalam pembelajaran IPS pada materi Perkembangan Teknologi Produksi komunikasi dan Transportasi Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins,1993 Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mekarmukti 2 Kabupaten Garut dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65%, siklus siklus II sebesar 81,25%. Adapun peningkatan prestasi belajar siswa secara keseluruhan, pada siklus I mencapai persentase sebesar 40 %, pada siklus II sebesar 68,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Mekarmukti 2 Kabupaten Garut dalam pembelajaran IPS pada materi Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi dan Transportasi, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPS dan dapat disarankan kepada guru untuk menerapkan model Problem Based Learning karena dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Kata Kunci: Problem Based Learning , Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi dan Transportasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:48
Last Modified: 26 Sep 2016 17:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12863

Actions (login required)

View Item View Item