PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Eko Adreanto, 125060070 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak b. ind.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. ing.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ACC.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi Jadi.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tilil 1 bandung pada sub tema I keberagaman budaya bangsaku. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Penel iti bekeriasama dengan guru kelas, Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I sampai dengan siklus II dilakukan dalam enam kali pertemuan. Kriteria keber hasilan dalam penelitian ini terbagi kedalam dua jenis yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan hasil. Keberhasilan proses yaitu jika perencanaan pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan pembelajaran mencapai persentase sebesar 85%. Sedangkan keberhasilan hasi l yaitu jika Aktivitas belajar siswa keseluruhan siswa yang meliputi kognitif, dan hasil afektif pembelajaran yang meliputi afektif karakter, serta keterampilan sosial mencapai persentase sebesar 85% dari jumlah siswa kelas IV yang mencapai Kriteria Ketunt asan Minimal (KKM=2,66) Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Picture and Picture pada sub tema I Keberagaman Budaya Bangsaku dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV. H afektif pembelajaran pada setiap sikl usnya. Peningkatan hasil aktivitas belajar siswa dan hasil belajar secara keseluruhan adalah sebagai berikut: Hasil penilaian kognitif siklus I sebesar 82%. siklus II sebesar 87%; Hasil Ppenilaian afektif karakter siklus I sebesar 87%, siklus II sebesar 97 %; Hasil Penilaian keterampilan sosial siklus I sebesar 83%, siklus II sebesar 89%. Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Picture and Picture pada sub tema I keberagaman budaya bangsaku dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tilil 1 Bandung. Kata Kunci: Picture and Picture , Percaya diri dan Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:50
Last Modified: 27 Sep 2016 13:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

View Item View Item