MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Maleber Barat Kota Bandung)

RISA NOVIANI PURWANTI, 125060148 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SD Maleber Barat Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA IND0NESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Maleber Barat Kota Bandung dengan jumlah siswa 30 orang siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang ttidak mencapai KKM dikarenakan pada proses pembelajaran guru sering menggunakan metode ceramah. Sehingga aktivitas belajar siswa tidak terlihat yang pada akhirnya berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi. Penelitan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanan, pelaksaaan,observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas siswa pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai akhir peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I aktivitas siswa dalam belajar memiliki kriteria sangat kurang dengan nilai akhir 57,14 % pada siklus II memiliki kriteria baik dengan nilai akhir 85,71%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memiliki kriteria sangat kurang dengan nilai akhir 56,66% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai akhir 80% dan memiliki kriteria baik. Kesimpulan yang yang diperoleh dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan model problem based learning pembelajaran sangat menunjang terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi di kelas IV SD Maleber Barat. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata kunci : Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:40
Last Modified: 26 Sep 2016 17:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item View Item