PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS

Eti Maryati, 125060231 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER ETI MARYATI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstack inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BAB 1 2.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas IV masih banyak yang kurang semangat dan cenderung diam ketika pembelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang kurang memuaskan di bawah KKM 70. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tipe Make A Match tentang materi Keanekaragaman Kenampakan Alam. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Arikunto. Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tetap. Subjek tindakan adalah siswa kelas IV SDN Gunungleutik 03 yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang berdampak langsung pada prestasi belajar siswa kelas IV SDN Gunungleutik 03. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang ada peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 63,89%. Pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 86,11% Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tipe Make A Match dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelajaran ini mengutamakan berpikir kritis untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap-tahap yang melatih kemampuan peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Tipe Make A Match berhasil ditingkatkan . Kata kunci: Problem Based Learning dengan Tipe Make A Match, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 19:31
Last Modified: 26 Sep 2016 19:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12839

Actions (login required)

View Item View Item