PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MACAM-MACAM SUMBER DAYA ALAM PADA PEMBELAJARAN IPS

FAUZIAH ASHARANI, 125060026 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MACAM-MACAM SUMBER DAYA ALAM PADA PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil judul penggunaan model pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa tentang macammacam sumber daya alam pada pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipagalo 01 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang permasalahannya muncul dari dalam kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di dapat data bahwa dengan menggunakan model Kontekstual dapat meningkatkan sikap kerja sama dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN Cipagalo 01 Kabupaten Bandung. Ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase sikap kerja sama dan hasil belajar siswa di setiap siklusnya. Hasil penelitiannya dapat dijelaskan bahwa di setiap siklusnya peningkatansikap kerja sama dan hasil belajarnya memperoleh hasil yang berbeda. Hasil belajar siswa di dalam kelas ternyata meningkat dari setiap siklus dengan di buktikannya melalui hasil tes, setiap siklus terlihat perubahan nilai siswa yang dapat mencapai KKM. Pada pra siklus nilai siswa masih di bawah rata-rata sehingga belum mencapai KKM hanya 10 orang dari jumlah siswa 38 dengan presentase 26,3%. Sedangkan hasil yang diharapkan yairu 75% dalam satu kelas mencapai nilai KKM. Presentasenya yaitu pada pra siklus yang mencapai KKM ada 10 orang dengan presentase 26,3%, siklus I yang mencapai nilai KKM 25 orang dengan presentase 65,8%, Berdasarkan hal tersebut berarti adanya peningkatan hasil pembelajaran dari pra siklus ke siklus I sebesar 39,5%. Dan pada siklus II yang mencapai KKM ada 35 orang dengan presentase 92%. Berdasarkan hal tersebut, berarti adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,2%. Untuk penilaian sikap kerja sama pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,86 atau 60,52% dan siklus II dengan nilai ratarata 6,23 atau 89,47% dikatakan berhasil. Kata Kunci: kontekstual, sikap kerja sama, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 19:31
Last Modified: 26 Sep 2016 19:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12837

Actions (login required)

View Item View Item