KERJASAMA EKONOMI INDONESIA – JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN INDUSTRI DI INDONESIA

HARRY BAHTIAR, 122030081 (2016) KERJASAMA EKONOMI INDONESIA – JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN INDUSTRI DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan.

[img] Text
Cover Skripsi 6.docx

Download (85kB)
[img] Text
6. ABSTRAK BAHASA INDO.docx

Download (21kB)
[img] Text
6. ABSTRAK BAHASA SUNDA.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I Skripsi FIX 4.docx

Download (102kB)
[img] Text
11 BAB II Fix DI EDIT Tinjauan Tentang Kerjasama INDONESIA - JEPANG MELALU IJEPA Jilid 3.docx

Download (87kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA Keseluruhannya.docx

Download (31kB)
[img] Text
6. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK IJEPA adalah kemitraan ekonomi kompleks pertama bagi Indonesia. IJEPA mulai diimplementasikan sejak 1 Juli 2008 setelah melalui sesi negosiasi yang panjang dan melelahkan sejak 2005. IJEPA tidak hanya terdiri dari perjanjian perdagangan bebas tetapi terdiri dari berbagai macam hal seperti fasilitasi investasi dan kerjasama. Bagi Indonesia, IJEPA sangat penting terlebih karena IJEPA tidak hanya digunakan sebagai sebuah jalan untuk mempenetrasi pasar Jepang tetapi juga sebagai sebuah jalan untuk meningkatkan daya saing industri manufaktur Indonesia secara keseluruhan. Tujuan tersebut dicapai dengan cara implementasi melalui MIDEC berdasarkan pilar kerjasama IJEPA. Adapun tujuan untuk memudahkan penulis dalam menyelesaikan skripsi ini serta dapat dipertanggungjawaban dalam penulisannya, maka tujuan yang hendak dicapai adalah : untuk mengetahui, mengeksplorasi, dan mendeskripsikan motif terbentuknya kerjasama ekonomi antar negara.Hubungan perdagangan Indonesia dan Jepang dalamk erangka IJEPA.Perkembangan industri di Indonesia pasca kerjasama dengan Jepang dalam konteks IJEPA. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini yaitu dapat menjadi bahan bagi pengembangan ilmu social khususnya bidang ilmu Hubungan Internasional mengenai potensi di bidang industry dan kepentingan hubungan bilateral untu kmeningkat kanpertumbuhan ekonomi dan sebagai bentuk tanggungjawab dalam menempuh program studi (strata satu) S1 sebagai syarat kelulusan pada program prodi Hubungan Internasional Fakultas FISIP di Universitas Pasundan. Dalam kerangka pemikiran hubungan internasional, politik luar negeri, diplomasi, kerjasama internasional, kerjasama bilateral, perjanjian internasional, kepentingan nasional, ekonomi politik internasional, neoliberalisme, free trade area (fta), sejarah kerjasama IJEPA. Berdasarkan premis mayor dan minor yang peneliti gunakan dalam kerangka pemikiran maka peneliti mengambi lhipotesis: “Dengan di implementasikannya program-program kerjasamaantara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jepangdalam Economic Partnership Agreement (IJEPA) di bidang perindustrian sesuai dengan kepentingan. Maka, implikasinya terhadap perindustrian di Indonesia dapat menguntungkan dan bermanfaat serta pertumbuhannya terus meningkat.” Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, Selama lima decade terakhir, Indonesia dan Jepang telah menjalin hubungan diplomatic terutama dalam bidang ekonomi. Secara politis, IJEPA membuat Indonesia mempunyai kedudukan yang setara dengan Negara lain yang sudah terlebih dahulu menjalin kerjasama Bilateral dengan Jepang dimana Indonesia menambah akses pasar barang dan jasa sedangkan Jepang memperlua sproduknya, pertumbuhan Industri di Indonesia seperti yang kita lihat di Indonesia ini sangat didomonasi oleh merek-merek Jepang. Kata Kunci: KerjasamaEkonomi Indonesia-Japan, Program-program IJEPA, Industri di Indonesia, PertumbuhanIndustri di Indonesia Pasca IJEPA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016
Depositing User: Edy Gomes -Somantri
Date Deposited: 26 Sep 2016 16:29
Last Modified: 26 Sep 2016 16:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12834

Actions (login required)

View Item View Item