PERANCANGAN MODEL INTERAKSI PADA SISTEM PEMANTAUAN KUALITAS UDARA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS : BADAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDUNG)

NANDA PRASETYO, 123040227 and EMILE SUPRIANA, DS (2016) PERANCANGAN MODEL INTERAKSI PADA SISTEM PEMANTAUAN KUALITAS UDARA MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS : BADAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Abstrak_123040227.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_dll_123040227.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040227.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sistem pemantauan kualitas udara merupakan salah satu layanan informasi publik yang disediakan oleh pemerintah Republlik Indonesia yang bertujuan untuk memberitahukan informasi seputar kualitas udara kepada seluruh masyarakat Indonesia. Tetapi dewasa ini, stasiun pemantau kualitas udara yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia banyak yang tidak beroperasi, salah satunya yaitu di wilaya Kota Bandung. stasiun pemantau kualitas udara yang dikelola oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Bandung hanya satu yang beroperasi secara normal dari total enam stasiun. Hal tersebut mengakibatkan penyampaian informasi kepada seluruh masyarakat Kota Bandung menjadi terhambat. Interaksi yang terjadi antara sistem pemantauan kualitas udara dengan masyarakat maupun pihak internal organisasi merupakan salah satu faktor penting yang turut mempengaruhi dalam penyampaian informasi. Model Interaksi membantu dalam memahami interaksi yang terjadi antara pengguna dengan sistem dan menerjemahkan apa yang diinginkan pengguna dan apa yang dilakukan oleh sistem. Aspekaspek seperti manusia dan komputer menjadi pertimbangan untuk merancang suatu model interaksi antara pengguna dan sistem yang tepat supaya informasi yang disampaikan tidak hanya dapat diterima dengan baik, tetapi juga kenyamanan, dan keamanan tetap terjaga. Gagasan dari penelitian tugas akhir ini yaitu melakukan perancangan model interaksi pada sistem pemantauan kualitas udara dengan menggunakan metode User Centered Design. Hasil akhir dari penelitian tugas akhir ini adalah sebuah usulan rancangan model interaksi yang dapat membuat penyampaian informasi antara sistem dengan masyarakat maupun pihak internal organisasi menjadi lebih baik dan diterapkan pada sistem pemantauan kualitas udara khususnya di daerah Kota Bandung. Kata kunci: sistem pemantauan kualitas udara, model interaksi, User Centered Design

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:47
Last Modified: 26 Sep 2016 15:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12831

Actions (login required)

View Item View Item