PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Tahun Ajaran 2016/2017 SDS Al Amin Bandung)

MIA JUWITA, 125060271 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Tahun Ajaran 2016/2017 SDS Al Amin Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas I Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDS Al Amin Bandung pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku dengan menggunakan model Project Based Learning tipe Make A Match. Penelitian ini didasari dari kurangnya siswa memahami materi pada subtema keberagaman budaya bangsaku serta rendahnya motivasi berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui aktivitas dan motivasi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning tipe Make A Match dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penilaian RPP, lembar observasi penilaian pelaksanaan pembelajaran guru/peneliti, lembar penilaian aktivitas dan motivasi siswa, lembar, lembar kerja siswa dan evaluasi posttest . Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Project Based Learning tipe Make A Match meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil belajar siswa yang pada siklus I hanya 15%, siklus II meningkat menjadi 60% dan siklus III meningkat menjadi 90% sedangkan motivasi siswa yang pada siklus I hanya 20%, siklus II meningkat menjadi 70% dan siklus III meningkat menjadi 90% siswa dinyatakan tuntas dari keseluruhan siswa sebanyak 20 orang. Hal itu tentu sudah melebihi target yaitu 80% siswa yang dinyatakan tuntas. Dengan demikian, penggunaan model Project Based Learning tipe Make A Match terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Proj ect Based Learning, Make A Match, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:36
Last Modified: 26 Sep 2016 15:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12827

Actions (login required)

View Item View Item